Minggu, 23 Februari 2014

menjadikan honda tiger pengapian DC

postingan ini dibuat berdasarkan kisah nyata saya nih. Cerita dimulai ketika saya manasin motor seperti biasa setiap paginya. Saat kondisi staasioner, motor sering mati sendiri dan gak normal stasionernya, kemungkinan ada 2 yaitu pengapianya tidak beres, atau setingan karburatornya yang kurang pas.
Malam pun motor dibawa jalan lampu sering agak redup ketika menginjak pedal rem, itu karena lampu rem menyala, sehingga arus terbagi ke lampu rem juga.
Seperti biasa tiap pagi ingin manasin motor nih, tapi gak idup idup juga. setelah di cari tau ternyata sepul pengapian kebakar.
nanya kesana kemari harga sepul ori gak ada yang murah,Rp 450,000,- udah sama pulsernya. kebetulan banget kantong juga sedang tipis alias sekarat, hehehe
dipikir pikir yang terbakar hanya sepul pengapian, dan sepul pengisian masih cukup bagus, dari pada ganti sepul mahal, mendingan ngerubah pengapian saja. dari pengapian ac yang sumber arusnya dari sepul diganti dengan dc yang sumber arusnya dari aki.
Disini saya menggunakan milik neo tech dengan harga Rp 135,000,- plus soketnya(lebih hemat kan), atau megapro juga bisa yang penting cdi nya dc. berikut ini gambarnya:

untuk 12volt atau arus dari aki, ambil saja dari kabel api flasher atau rem belakang.
tinggal samakan jalurnya masa ke masa, pulser ke pulser, dan seterusnya.
tetapi harus sesuai, namun ada beberapa soket yang tidak terpakai.

catatan: 
JANGAN sekali kali menggunakan cdi ac untuk penganpian dc, atau sebaliknya. bisa bisa meleduk ntar, hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar